Minggu, 25 Maret 2012

Contoh Program PHP Menggunakan Switch

Contoh program php menggunakan switch. Bila ada yang kesulitan membuat program yang menampilkan nama hari dalam satu bulan misalnya atau membuat program yang menampilkan bulan beserta tanggal dalam tahun tersebut dan lain sebagainya. Memang kenyataannya dalam membuat program yang berkaitan dengan daftar list yang menampilkan hari, bulan, dan lain-lain sangat sulit dikerjakan dari logika yang berkaitan dengan alur program masih belum jelas. Hal ini kadangkala membuat para pemrogram sangat kerepotan dan tentunya menjadi buah pikiran hehe. don worry. semangat-semangat. Yarp, bila anda menjumpai dengan masalah yang melibatkan banyak alternatif semacam penentuan hari dan bulan seperti itu. Anda bisa menggunakan pernyataan switch dalam PHP. Berikut ini secara bentuk pernyataan switch seperti berikut:

switch (ekpresi)
{
case ekpresi_case_1 :
pernyataan_1 ;
break ;

case ekpresi_case_2 :
pernyataan_2 ;
break ;

case ekpresi_case_3 :
pernyataan_3 ;
break ;

case ekpresi_case_4 :
pernyataan_4 ;
break ;

case ekpresi_case_5 :
pernyataan_5 ;
break ;

case ekpresi_case_6 :
pernyataan_6 ;
break ;

case ekpresi_case_7 :
pernyataan_7 ;
break ;

case ekpresi_case_8 :
pernyataan_8 ;
break ;
.......
default :
pernyataan_n;
}

Keterangan bentuk pernyataan switch diatas.
Pada pernyataan switch, ekpresi_case_1 akan diperiksa terlebih dahulu. Bila nilainya cocok dengan nilai ekpresi maka pernyataan_1 akan dijalankan dan kemudian eksekusi dilanjutkan ke pernyataan yang terletak sesudah tanda penutup switch {;}. Kalau tidak cocok, pembandingan nilai ekpresi dan ekpresi_case_2 akan dilakukan. Jika pada hasil pembandingan yang kedua ini benar maka pernyataan_2 akan dijalankan, dan kemudian eksekusi dilanjutkan ke pernyataan yang terletak sesudah tanda penutup switch (;). Sekiranya tidak ada bagian ekpresi_case yang cocok maka pernyataan_n yang mengukuti kata default akan dijalankan. Coba perhatikan skrip hariini.php Pernyataan if-elseif diganti dengan switch:

<?php
  $nama_hari = date("l");
  switch ($nama_hari)
  {
     case "Sunday" :
        print("Minggu");
        break;
     case "Monday" :
        print("Senin");
        break;
     case "Tuesday" :
        print("Selasa");
        break;
     case "Wednesday" :
        print("Rabu");
        break;
     case "Thursday" :
        print("Kamis");
        break;
     case "Friday" :
        print("Jumat");
        break;
     default :
        print("Sabtu");
  }
?>

Pada contoh program seperti diatas pernyataan switch, pernyataan break memegang peran yang sangat penting. Pernyataan break-lah yang membuat eksekusi dilanjutkan ke pernyataan yang terletak sesudah tanda penutup switch(;). Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut ini:

Untuk melihat efek break. Cobalah untuk menuliskan skrip beerikut dan kemudian memanggilnya melalui browser. Contoh skrip program efek break:

<?php
  $nama_hari = date("l");
  switch ($nama_hari)
  {
     case "Monday" :
     case "Tuesday" :
     case "Wednesday" :
     case "Thursday" :
     case "Friday" :
        print("Hari kerja");
        break;
     case "Saturday" :
     case "Sunday" :
        print("Hari libur");
  }
?>

Pada contoh program diatas, apabila isi variabel $nama_hari berupa "monday", "tuesday", "wednesday", "thrusday", atau "friday" maka pernyataan yang dijalankan adalah:
print ("Hari kerja");
break;
Pernyataan break akan mengakhiri switch. Adapun jika isi variabel $nama_hari berpa "saturday" atau "sunday" maka pernyataan yang akan dijalankan adalah:
print("hari libur");
Mudah-mudahan artikel contoh program php menggunakan switch ini mudah untuk dipahami.

1 komentar: