Selasa, 20 Maret 2012

Variabel dalam PHP

Variabel dalam PHP. PHP menyediakan variable yang berfungsi untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada didalamnya dapat diubah sewaktu-waktu. Tidak hanya PHP yang menyediakan variable seperti bahasa pemrograman lainnya yang juga menyediakan variable yang berfungsi sama. Sebagai contoh penggunaan variabel pada PHP seperti berikut:

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Variabel dalam PHP</TITLE>
</HEAD>
<BODY>

<?php
$hobi = "Mancing";
printf("Kegemaran anda adalah, %s", $hobi);
?>

</BODY>
</HTML>

Keterangan skrip diatas:
HTML: merupakan tag HTML yang digunakan untuk pendeklarasian bahwa suatu halaman tersebut berektensi HTML, yang berfungsi untuk sebagai tanda awal dokumen
HEAD: adalah tag HTML yang berfungsi untuk memberi informasi page header suatu halaman, didalam head kita bisa meletakkan tag-tag seperti TITLE, LINK, SCRIPT, STYLE dan META
TITLE: merupakan tag HTML yang digunakan sebagai judul untuk penamaan suatu halaman atau pemberinamaan dari suatu halaman. Seperti skrip diatas halaman ini berjudul (variabel dalam PHP)
BODY: didalam tag BODY ini kita bisa meletakkan atribut dari suatu kode program
pada kode program diatas yang dimaksud $ hobi adalah nama variabel. Variabel itu ditulis diawali dengan tanda $.
$hobi = "Mancing"; merupakan pernyataan yang digunakan untuk memberikan string "mancing" dalam variabel $hobi
printf("Kegemaran anda adalah, %s", $hobi); merupakan pernyataan untuk menuliskan "Kegemaran anda adalah" diikuti dengan nilai variabel dari $hobi setelah tanda koma. %s adalah tanda untuk memberitahukan bahwa variabel itu digunakan dalam format untuk string, artinya data yang telah masuk ke variabel yaitu (mancing) tersebut adalah data string.
Bila skrip variabel dalam php seperti diatas dijalankan melalui browser, akan tampil sebagai berikut:

Variabel dalam PHP tidak terbatas seperti tulisan artikel ini. Namun kenyataannya variabel dalam php dapat diimplementasikan dalam bentuk form, isian data, maupun input data dll. Semoga artikel ini bermanfaat.