Rabu, 04 April 2012

Contoh Program PHP Menggunakan If

Contoh program php menggunakan if. Pernyataan if digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan suatu kondisi. Dalam PHP terdapat tiga macam bentuk pernyataan if yaitu pernyataan if saja, pernyataan if-else, pernyataan if-elseif. Bentuk pernyataan if seperti " if (ekpresi) pernyataan ". Pada bentuk ini bagian pernyataan akan dijalankan hanya kalau bagian ekpresi bernilai benar. Dengan catatan nilai selain nol atau kosong dianggap sebagai nilai benar dan PHP menyediakan konstanta bernama TRUE yang menyatakan benar dan FALSE yang menyatakan salah. Contoh penerapan if misalnya untuk menentukan diskon. Sebagai contoh diberikan ketentuan bahwa bila pembeli berbelanja melebihi atau sama dengan 100.000 maka pembeli akan mendapatkan diskon. Untuk lebih jelasnya coba simak program PHP berikut:

<?php
  $total_beli = 200000;
  $keterangan = "Tak dapat diskon";
  if ($total_beli >= 100000)
     $keterangan = "Dapat diskon";
  print("$keterangan <BR\n");
  ?>

Keterangan:
Pada kode program PHP seperti diatas, penentuan keterangan dengan memberikan nilai " Tak dapat diskon " pada variabel $keterangan. Selanjutnya, pernyataan if diatas akan membuat variabel $keterangan diisi dengan " Dapat diskon " hanya kalau ekspresi $total_beli > 100000 bernilai benar. Tentu saja pada contoh ini, ekpresi tersebut akan bernilai benar mengingat variabel $total_beli diisi 200000. Dengan demikian bila anda memanggil contoh program tersebut pada browser maka akan tampil " Dapat diskon ". Namun, setelah anda mencobanya, ubahlah isi $total_beli menjadi 50000 dan kemudian reload ato muat ulang pada halaman yang menampilkan contoh program tersebut. Maka akan tampil "Tak dapat diskon ". Hal ini memberikan gambaran bahwa dengan menggunakan if kita dapat mengatur tindakan dengan berdasarkan suatu kondisi, menggunakan if.

Sekiranya bagian pernyataan pada if berupa sejumlah pernyataan, anda bisa meletakkan pernyataan-pernyataan tersebut dalam {}. Contoh program PHP berikut merupakan pengembangan dari skrip program sebelumnya, yang memungkinkan pemakai memasukkan besar pembelian dan komputer akan menghitung jumlah yang harus dibayar.

<FORM METHOD="GET">
Besar Pembelian:
<INPUT TYPE="TEXT" NAME="total_beli"><BR><BR>
<INPUT TYPE=SUBMIT VALUE="Tentukan Diskon">
</FORM >

<?php
  $total_beli = $_GET["total_beli"];
  if (isset($total_beli))
  {
    $total_beli = intval($total_beli);
    $diskon = 0;
    if ($total_beli >= 100000)
       $diskon = intval(0.1 * $total_beli);
    printf("Diskon     = %d <BR>\n", $diskon);
    printf("Pembayaran = %d <BR>\n",
      $total_beli - $diskon);
  }
?>

Keterangan:
Contoh program diatas melibatkan kode HTML berupa tag FORM, yang digunakan untuk menempatkan kotak teks dan sebuah tombol untuk memproses pemasukan data oleh pemakai. isi kotak teks akan dinyatakan dengan variabel $total_beli.
$total_beli = $_GET["total_beli"]; digunakan untuk memperoleh nilai variabel HTML bernama $total_beli. Superglobal $_GET digunakan untuk memperoleh nilai tersebut. Hasilnya disimpan ke variabel $total_beli.
if (isset($total_beli)) digunakan agar perhitungan hanya dilakukan kalau variabel $total_beli sudah ada.
Pernyataan if tersebut diperlukan mengingat pada pengeksekusian yang pertama kali, yaitu saat memanggil contoh program diatas, variabel $total_beli sebenarnya belum tercipta. Apabila contoh program diatas dijalankan di browser maka akan tampil seperti berikut ini:

Bila anda mengisi nilai besar pembelian 150000 pada kotak teks input seperti gambar diatas akan tampil seperti gambar berikut ini:

Keterangan:
Bila pemakai telah menekan tombol dengan nama " Tentukan Diskon ", form akan dikosongkan dan kode yang terdapat setelah if (isset($total_beli)) akan dijalankan.
$total_beli = intval($total_beli); Pernyataan ini digunakan untuk mengubah nilai pada variabel $total_beli berupa integer.
$diskon Digunakan untuk memberikan nilai nol terhadap variabel $diskon.
if ($total_beli >= 100000)
   $diskon = intval(0.1 * $total_beli);
Digunakan untuk mengubah nilai $diskon sekiranya isi variabel $total_beli melebihi atau sama dengan 100000. Dalam hal ini besar diskon adalah 10% (dikalikan dengan 0.1).
Berikut ini adalah contoh hasil program PHP ( contoh penentuan diskon ) setelah tombol Tentukan Diskon di tekan.

Adapun contoh hasil eksekusi program php menggunakan if bila anda memasukkan nilai kurang dari 100000, semisal 60000 maka akan tampil seperti gambar berikut:

Demikian contoh program PHP menggunakan if, yang diambil dari hasi review buku dasar pemrograman web dinamis menggunakan php karya Abdul Kadir. Semoga bermanfaat, bila ada kekurangan dan kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

8 komentar: