Rabu, 28 Maret 2012

Contoh Program PHP Menggunakan Break

Contoh program php menggunakan break. Break merupakan salah satu pernyataan kontrol yang digunakan dalam PHP. Pernyataan break digunakan untuk keluar dari suatu proses yang berulang. PHP juga menyediakan pernyataan break, berkaitan dengan penggunaan pernyataan pengulangan proses tadi. Berikut ini efek pernyataan break pada suatu kalang ( proses yang berulang ):

for($i = 1; $i <= 25; $i++)
{
print("$i
\n");
if ($i == 10)
break;
}
print("Selesai
\n");
?>

Keterangan contoh program diatas:
Pada contoh program PHP diatas terdapat pernyataan pengulangan proses yaitu dengan adanya for.
Nilai variabel dalam for adalah 1 sampai 25, dengan penyesuaian penanbahan sesuai urutan bilangan.
Bila proses pengurutan bilangan sampai dengan angka yang ke 10 maka pengulangan proses akan berhenti hal ini disebabkan oleh skrip " if ($i == 10) break;" untuk bilangan yang ke 11 sampai yang ke 25 tidak akan ditampilkan. Sehingga pengulangan proses akan berhenti.
Bila anda memanggil contoh program PHP seperti diatas pada browser akan tampil seperti pada gambar dibawah ini:

Tampak bahwa bilangan 11 hingga 25 tidak ditampilkan, hal ini disebabkan setelah bilangan 10 ditampilkan, break mengakhiri pernyataan for. Selanjutnya, eksekusi dilanjutkan ke pernyataan setelah for yaitu "   print("Selesai <BR>\n"); ".
Anda juga bisa memberikan angka di belakang kata break, misalnya " break 1; ". Hal ini berguna sekiranya anda meletakkan break di dalam pernyataan switch, dengan maksud bukan untuk keluar dari switch, melainkan untuk keluar dari pengulangan proses ( kalang ). Silahkan simak contoh program PHP sebagai berikut:

for ($i = 1; $i <= 25; $i++)
{
switch ($i)
{
case 5:
print("5 - break 1
\n");
break 1;
case 7:
print("7 - break 2
\n");
break 2;
default:
print("$i
\n");
break;v
}
}
print("Selesai
\n");
?>

Pada contoh program diatas, break tanpa angka ataupun break 1 mempunyai makna yang sama, yaitu keluar dari switch. Namun, break 2 berarti keluar dari switch dan sekaligus keluar dari for. Hasil tampilan contoh program diatas bila dijalankan pada browser akan tampil seperti berikut ini:

Bila break 2 diganti dengan break 1 atau break saja, angka 8,9,10,11 sampai 25 akan ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar