Minggu, 01 April 2012

Komentar pada PHP

Komentar pada PHP. Komentar merupakan suatu kumpulan tulisan yang berisikan teguran, saran, nasihat, kritikan, maupun sebagai jawaban dari suatu pertanyaan dal lain sebagainya. Dalam bahasa pemrograman komentar digunakan untuk memberi keterangan-keterangan penjelasan berkaitan dengan kode program yang dibuat. Tidak hanya PHP yang menggunakan komentar namun ada banyak bahasa pemrograman yang juga sama menggunakan komentar untuk tujuan sama yaitu memberi penjelasan terhadap suatu kode atau skrip yang telah dibuat sehingga skrip atau kode tersebut mudah untuk dipahami. Berkaitan dengan itu penggunaan komentar bisa diimplementasi kan berbeda sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Bila dalam PHP komentar dapat diimplementasikan dengan menggunakan tanda # atau // (garis miring dua kali). Bila pada suatu skrip PHP terdapat tanda seperti itu maka semua karakter dimulai setelah tanda  # atau // (garis miring dua kali) dari posisi awal sombol dan untuk selanjutnya karakter dimulai dari simbol tersebut hingga akhir baris akan dianggap sebagai komentar.

Bila dalam suatu program memiliki kode berukuran besar dan banyak lampiran maka penggunaan komentar merupakan bagian yang penting dalam program tersebut. Kolentar tidak berarti apa-apa bagi komputer, tetapi sangat berguna bagi pemrogram atau pembaca program dalam memahami isi program mengingat komentar biasanya berisikan keterangan-keterangan penjelas. Selain itu, kolemtar juga diperlukan untuk keperluan debugging, yaitu untuk mematikan kode tertentu selama pengembangan program.

Berikut adalah contoh skrip variabel_php.php yang disertai dengan komentar:

<html>
<head>
    <title> mengggunakan variable PHP </title>
<body>

<?PHP
# String a memiliki nilai 100, string b memiliki nilai 50, string nama memiliki atribut nama khoirul zaqi
    $a = 100;
    $b = 50;
    $nama = "Khoirul Zaqi";

    $c = $a+$b;
    $d = $a-$b;
    $e = $a*$b;
    $f = $a/$b;

    print "Isi dari variable a = $a<br>"; // isi dari variabel a sama dengan string a yaitu 100
    print "Isi dari variable b = $b<br>";
    print "$nama<br>";
    print "$a + $b = $c<br>"; // menampilkan hasil penjumlahan dari string a ditambah dengan string b menjadi 100+50 = 150
    print "$a - $b = $d<br>";
    print "$a * $b = $e<br>";
    print "$a / $b = $f";
?>
</body>
</head>
</html>

Pemberian komentar pada skrip variabel_php.php berupa:
Komentar pertama seperti:
# String a memiliki nilai 100, string b memiliki nilai 50, string nama memiliki atribut nama khoirul zaqi
Komentar kedua diletakkan setelah pernyataan print saru baris seperti:
// isi dari variabel a sama dengan string a yaitu 100
// menampilkan hasil penjumlahan dari string a ditambah dengan string b menjadi 100+50 = 150
Bila dilihat dari browser, hasilnya akan tampil dengan skrip sebelum dikasih komentar. Dan komentar tersebut tidak mempengaruhi hasil program. Fungsinya komentar tersebut sebagai penjelas dan pemberi keterangan bagi pembaca kode maupun bagi pemrogram.

Selain tanda tanda # atau // (garis miring dua kali), PHP juga mendukung penggunaan pasangan /* dan */ untuk membentuk komentar multibaris, sebagai contoh:
/*
ini adalah komentar yang digunakan untuk multibaris yang artinya komentar ini berisi tulisan yang panjang dan melebihi dari satu baris. komentar ini bisa juga untuk mematikan kode skrip program php bila terdapat kesalahan dan pemrogram menghindari untuk menghapus kode tersebut.
*/
Komentar seperti diatas bisa digunakan untuk mematikan kode skrip program pada beberapa baris skrip PHP. Bila ingin menandai atau ingin mematikan skrip php tersebut sehingga skrip itu tidak berfungsi dan bisa juga penggunaan komentar seperti diatas digunakan untuk menandai skrip yang tidak digunakan tanpa menghapus skrip PHP tersebut oleh para pemrogram dan pengembang program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar