Jumat, 23 Maret 2012

Contoh Program PHP Menggunakan Continue

Contoh program php menggunakan continue. Pernyataan continue digunakan untuk menuju ke putaran ( iterasi 0 berikutnya pada pernyataan-pernyataan yang terkait dengan pengulangan. Pada pernyataan for, ekpspresi ketiga terletak di dalam tanda kurung akan dijalankan terlebih dahulu dan kemudian baru menguji ekspresi kedua yang terletak dalam tanda kurung. Pada pernyataan while dan do-while, eksekusi akan dilanjutkan ke pengujian ekspresi yang terletak di dalam tanda kurung. Untuk mencobannya anda bisa simak contoh program PHP berikut:

<?php
  for($i = 1; $i <= 25; $i++)
  {
     if ($i >= 10 and $i <= 15)
        continue;
     print("$i <BR>\n");     
     $i++;
  }
?>

Bila contoh program PHP diatas dijalankan pada browser maka akan tampil seperti berikut:

Dari gambar seperti diatas tampak bahwa angka 10 hingga 15 tidak ditampilkan oleh perintah continue, berdasarkan instruksi " if ($i >= 10 and $i <= 15) continue; " Seperti hanya break, Anda juga bisa meletakkan sebuah angka dibelakang kata continue. Angka itu menyatakan jumlah level pengulangan proses ( kalang ) yang akan dituju oleh continue. Untuk melihat efeknya, silahkan simak contoh program PHP berikut.

<?php
  for ($i = 1; $i <= 5; $i++)
  {
     print("Proses for. Iterasi ke-$i <BR>\n");
     for ($j = 1; $j <= 5; $j++)
     {
        if ($j == 3)
           continue 1;
        print($j);
     }
     print("<BR>\n");
  }
?>

Bila contoh program diatas dijalankan maka akan tampil seperti di bawah ini:

Selanjutnya cobalah anda modifikasi contoh program diatas sehingga menjadi:
continue 1;
menjadi
continue 2;
Hasilnya akan menjadi seperti berikut:

Dari gambar tersebut tamoak bahwa "continue 1; " identik dengan " continue; ", yang akan menyebabkan eksekusi dilajutkan ke iterasi berikutnya, adapun " continue 2; " membuat iterasi dilanjutkan ke kalang yang melingkupi kalang tempat pernyataan tersebut berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar