Senin, 26 Maret 2012

Contoh Program PHP Menggunakan While

Contoh program php menggunakan while. While dalam PHP sebenarnya digunakan untuk melakukan pengulangan. Apa itu pengulangan, pengulangan bisa diartikan sebagai suatu prosedur dalam proses yang tidak ada batasannya sehingga proses itu akan kembali kepada tahap semula dan dilanjutkan untuk ketahap proses selanjutnya secara timbal balik. Pengulangan while dalam PHP  digunakan untuk mendeklarasikan suatu ekpresi dari pernyataan-pernyataan yang termuat didalam ekpresi itu sendiri.
Pernyataan while merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk melakukan pengulangan. Pernyataan while akan memeriksa nilai ekpresi terlebih dahulu. Jika ekpresi tersebut bernilai benar maka pernyataan-pernyataan yang terdapat di dalam tanda {} akan dijalankan dan kemudian ekpresi dievaluasi lagi. Proses ini diulang terus-menerus sampai ekpresi itu bernilai salah.
Contoh program PHP menggunakan while di bawah ini:

<?php  $angka= 1;
while ($angka<= 10)
{
print("$angka<BR>\n");
$angka++;
}
?>

Bila contoh program PHP menggunakan while diatas dijalankan pada browser maka hasil eksekusi program akan tampil seperti gambar dibawah ini

Keterangan pada contoh program diatas:
Pada contoh program sederhana diatas isi variabel angka berperan dalam melakukan pengulangan perintah yang berada dalam tanda {}. Hal ini mengkondisikan harus dipastikan bahwa ada pernyataan-pernyataan yang mengubah nilai bilangan sehingga suatu ketika kondisi dalam while (yang termasuk yaitu $angka <= 10) bernilai salah. Jika tidak bernilai salah dalam arti pernyataan tersebut bernilai benar maka akan terjadi pengulangan sampai selamannya.
Penggunaan while dalam program sangatlah penting hal ini bisa membantu bagi para pengembang aplikasi maupun bagi para pemrogram yang akan membuat program dimana didalamnya terkandung suatu parameter ekpresi dari pernyataan yang secara berulang-ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar