Selasa, 03 April 2012

Struktur Dasar HTML

Struktur Dasar HTML. Struktur dasar html artikel dari pemula yang sedang belajar html. Struktur dasar html biasanya digunakan untuk menandai sebuah file text yang ada pada dokumen html. Untuk memformat sebuah file text diperlukan aturan dalam penulisan html yang disebut dengan aturan struktur dasar html. Dalam format aturan itu nantinya akan menghasilkan sebuah file text yang bercirikan dan berektensi html dan  htm.
Namun lebih jauh dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan struktur dasar html sangat penting untuk dipahami, mengapa demikian.. HTML (HyperText Markup Language) merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi berbasis web. Elemen HTML biasanya berupa tag yang berpasangan dan setiap tag ditandai dengan simbol < dan >. Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan tanda “/”. Dalam penulisan tag HTML tidaklah case sensitive, artinya penggunaan huruf besar ataupun kecil tidaklah menjadi masalah.
Namun lebih jauh dari pada itu di dalam file tersebut terkandung struktur sebagai berikut :
<html>
<head>
…..
</head>
<body>
…..
</body>
</html>
Keterangan:
Tag Head
Tag Head merupakan header dari halaman HTML.
Didalam HTML terdapat beberapa elemen seperti berikut
Tag titte <tittle> digunakan untuk memberikan judul dokumen dari halaman HTML contoh penggunaan sebagai berikut:
<title> Judul Dokumen </title>
Tag Base Digunakan untuk menentukan basis URL sebuah dokumen. Basis URL ini berguna bila dalam dokumen terdapat link-link yang bersifat relatif, karena link tersebut tetap akan bekerja meskipun dokumen dipindahkan ke direktori lain atau bahkan ke komputer lain.Penggunaannya adalah sebagai berikut :
<base href=”URL”>
Tag Link Digunakan untuk menunjukkan relasi antar dokumen HTML. Tag ini mempunyai beberapa atribut antara lain :
*Href berfungi untuk menunjukan dan menghubungkan dokumen pada URL dokumen lain
*Rel berfungsi untuk mendefinisikan relasi terhadap sebuah dokumen lain yang berisi informasi tentang atribut yang terkait pada dokumen tersebut
*Rev berfubgsi untuk mendefinisikan sebuah relasi pada sebuah dokumen
*Type digunakan untuk menentukan type dan parameter relasi yang ada
Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :
<link [{rev/rel}=”Teks”]href=”URL”>
Tag Meta Digunakan untuk mendefinisikan informasi-informasi di luar HTML. Informasi meta dapat digunakan oleh browser untuk menjalankan suatu aktivitas yang belum didukung oleh HTML. Contoh penggunaannya sebagai berikut Penggunaannya adalah sebagai berikut :
<meta http-equiv=”refresh” content=”0” url=”URL”>
Bagian Body merupakan isi dari dokumen HTML yang akan ditampilkan pada web browser. Semua informasi yang akan ditampilkan mulai dari teks, gambar, suara dan lain-lain.
Dari beberapa keterangan yang terangkum seperti penjelasan diatas mudah-mudahan mudah untuk dimengerti

9 komentar:

  1. If you observe your nest camera not connecting to wifi network, you need to make sure the wireless router is powered On. The Nest camera’s battery should not be discharged. Cross-check if the camera is connecting to the WiFi network.

    BalasHapus
  2. The Linksys smart wifi router is one of the best routers on the market. The Linksys smart wireless router can be set up with the help of the default web address linksyssmartwifi.com. Even if you want to login to the device, you can use the same web address.

    BalasHapus
  3. To Login to motorla router , you can use the default IP address 192.168.0.1. Enter the IP address in the web browser of your device connected to the router’s network. Press Enter and you will reach the Motorola router login page. Enter the default username and password in the respective fields and click Login.

    BalasHapus
  4. Is your hitron router not working ? Well, if you see your device not working properly, make sure the router is connected to the modem. The LAN cable should not show any signs of wear and tear on your router. Moreover, you need to update your device to the latest firmware version. This will resolve the issue properly.

    BalasHapus

  5. https://www.auraabadilogistik.com/biaya-kirim-motor-ke-ambon/
    https://www.auraabadilogistik.com/jasa-ekspedisi-murah-surabaya-batam/
    https://jasapengirimankontainer.com/2023/02/25/pengiriman-alat-berat-jakarta-ke-palu/
    https://jasapengirimankontainer.com/2023/02/25/pengiriman-alat-berat-jakarta-ke-batam/
    https://pengirimanantarpulau.com/jasa-pengiriman-alat-berat-surabaya-waingapu/
    https://pengirimanantarpulau.com/jasa-pengiriman-alat-berat-surabaya-samarinda/

    BalasHapus
  6. Ramma Foundation Repair is a reputable company specializing in foundation repair Edmonton and surrounding areas.

    BalasHapus
  7. PHP is a powerful and versatile programming language that can help businesses streamline their online presence. And for those in need of private notary public services Dubai, our team of professionals is here to provide efficient and confidential support for all your legal documentation needs.

    BalasHapus
  8. Experience the ultimate vitality with Monster Rabbit, a renowned brand offering exceptional sex honey in uae. Unlock the power of natural ingredients for enhanced vitality and wellness. Elevate your intimate experiences with Monster Rabbit's premium selection of products.

    BalasHapus